322 Calon Haji asal Papua Barat Diberangkatkan dari Embarkasi Makassar

Di Post Oleh: admin Tanggal: Di Baca: 156 kali

Makassar -

Sebanyak 322 calon jemaah haji (CJH) asal Papua Barat resmi diberangkatkan ke tanah suci melalui embarkasi Makassar. Ratusan CJH tersebut masuk dalam kelompok terbang (kloter) 17.

Pelepasan CJH tersebut dilakukan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (29/6) malam. Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw yang memimpin acara pelepasan itu meminta warganya fokus dalam ibadah sehingga jadi haji yang mabrur.

"Kami doakan juga kepada seluruh CJH asal Papua Barat bisa kembali ke tanah air dan meraih haji mabrur. Menjalankan ibadah dengan baik dan kembali dalam keadaan sehat serta selamat," kata Paulus Waterpauw dalam keterangannya.

Paulus mengatakan dirinya sengaja melakukan pelepasan calon jemaah haji secara langsung karena ingin berpesan para jemaah haji nantinya senantiasa menyebarkan pesan-pesan perdamaian.

"Saya datang secara khusus untuk melepas JCH asal Papua Barat. Doakan, kita semua dalam keadaan aman dan damai. Negara lain sudah ada yang mengalami krisis akibat pandemi. Alhamdullilah, Indonesia masih aman dan damai," katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Papua Barat Luksen Jems Mayor mengatakan tahun ini Papua Barat mendapatkan kuota 330 orang untuk diberangkatkan ke tanah suci, Arab Saudi. Jumlah ini berkurang 50 persen dari seharusnya.

"Sebelumnya, kuota CJH Papua Barat 725 jemaah. Namun yang terisi tahun ini hanya 330 jemaah, setengah dari kuota itu. Memang terjadi pengurangan," kata dia.
 

POLLING